12 Agustus 2015

Perangkat keras dalam CPU

CPU ( Central Processing Unit ) adalah otak sebuah komputer yang berada
pada unit pemrosesan (Process device). Fungsi CPU adalah sebagai pemroses dan pengolah data yang selanjutnya dapat menghasilkan suatu informasi yang diperlukan.Perangkat keras yang terdapat pada CPU terbagi atas beberapa perangkat
diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Motherboard


Motherboard adalah sebuah papan sirkuit dan panel-panel elektronik yang menggerakan system PC secara keseluruhan. Secara prinsip, sebuah motherboard terdiri atas beberapa bagian yakni system CPU (processor), sirkuit clock/timing, Ram, Cache, ROM BIOS, I/O port seperti port serial, port pararel, slot ekspansi,prot IDE.

2. Processor 

Processor merupakan otak dari komputer. Sebuah komputer harus mempunyai processor, karena processor merupakan komponen pokok dari sistem komputer.Sedangkan fungsi dari processor itu sendiri adalah untuk memproses instruksi-instruksi program yang harus dilakukan oleh komputer. Pada processor terdapat heat-sink dan fan processor yang berfungsi sebagai alat yang dipakai untuk menjaga agar processor tidak terlalu panas suhunya.

3. Hard Disk

Hard-disk adalah media penyimpan permanent yang sangat penting pada computer. Hardisk memiliki kapasitas sangat besar untuk menyimpan data berupa dokumen atau program.Kerusakan pada hard disk dapat disebabkan beberapa hal seperti power supply yang tidak dapat menstabilkan tegangan listrik sehingga dapat merusak kontrolle hard disk dan motor serta suhu didalam hard disk yang panas membuat kondisi hard-disk dalam lingkungan tidak stabil.

4. Video Card

Video card adalah alat yang berfungsi menghasilkan sinyal yang mengoperasikan monitor (penerjemah output komputer ke monitor). Tanpa video card, monitor tidak bisa berfungsi, karena penghasil sinyal yang mengoperasikan monitornya tidak tersedia.

5. Sound Card

Sound card adalah alat yang berfungsi untuk mengeluarkan suara pada speaker dengan menggunakan kabel dan jack connectornya (output komputer ke speaker).

6. CD-ROM

CD-ROM (compact disc read-only memory) adalah sebuah piringan kompak dari jenis piringan optik yang dapat menyimpan data.CD-ROM bersifat read only (hanya dapat dibaca, dan tidak dapat ditulisi). Untuk dapat membaca isi CD-ROM, alat utama yang diperlukan adalah CD Drive. Perkembangan CD-ROM terkini memungkinkan CD dapat ditulisi berulang kali (Re Write / RW) yang lebih dikenal dengan nama CD-RW.

7. RAM

RAM(Random Access Memory) adalah memory tempat penyimpanan sementara pada saat komputer dijalankan dan dapat diakses secara acak atau random. Fungsi dari RAM adalah mempercepat pemprosesan data pada komputer. Semakin besar RAM yang dimiliki, semakin cepatlah komputer

8. Fan

Fan berfungsi untuk mendinginkan komponen- komponen di dalam CPU

9. LAN Card

LAN Card adalah sebuah kartu yang berfungsi sebagai jembatan dari komputer ke sebuah jaringan komputer. Jenis NIC yang beredar, terbagi menjadi dua jenis, yakni NIC yang bersifat fisik, dan NIC yang bersifat logis. Setiap jenis NIC diberi nomor alamat yang disebut sebagai MAC address, yang dapat bersifat statis atau dapat diubah oleh pengguna.

10. Power Supply

Power Supply adalah sebuah piranti elektronika yang berguna sebagai sumber daya untuk piranti lain, terutama daya listrik.

0 komentar:

Posting Komentar